Pages

Ahad, 17 Mac 2013

MEMBUAT JARINGAN HOST-GUEST PADA VIRTUAL BOX

Hallo sobat, ketemu lagi nih. Oh ya sobat, kali ini aku akan membahas dan menjelaskan tentang cara membuat jaringan Guest-Host pada Virtual Machine. Nah, pada postingan kemarin, kita telah menginstal VirtualBox, dan menginstal Linux pada VirtualBox tersebut. Oke, sekarang aku akan menjelaskan cara untuk membuat jaringan dari Host-OS (Windows7) dan Guest-OS (Ubuntu).

Berikut adalah langkah-langkahnya sobat :

Kita setting terlebih dahulu Windows Farewell, klik pada Start => Control Panel => System and Security => Windows Farewell, lalu pada baris kiri klik “Turn Windows Farewell on or off”.

Kemudian akan muncul gambar seperti dibawah, lalu klik “Turn off Windows Farewell".

Lalu settinglah Pengaturan Jaringan, pada Control Panel, pilihlah Network and Internet => Network and Sharing Center, lalu pilihlah pada Change adapter Settings.

Lalu setelah muncul gambar dibawah, pilihlah “VirtualBox Host-Only Network”

Pilihlah Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan Double Klik.

Lalu settinglah IP address yang akan digunakan pada Host-OS. Kali ini gunakan IP address 192.168.0.1 dengan Subnet mask 255.255.255.0. Lalu klik OK.

Lalu buka VirtualBox kalian, dan Settinglah Jaringannya pada Guest-OS, klik kanan pada VirtualDisk yang sudah diinstal Linux (Ubuntu), sebagai contoh adalah “HelmmyBuntu” => Setting.

Setelah muncul gambar dibawah, pilih Network => Pada Attached to pilih “Host-only Adapter” => Pada Name pilih “VirtualBox Host-Only Ethernet Adapter” => Dan pilih “Allow All” => Klik OK.

Kembali pada VirtualBox, buka VirtualDisk kalian yang sudah diinstal “HelmmyBuntu” => Start.

Pada Desktop Ubuntu, klik System => Preferences => Network Connections.

Lalu pada gambar dibawah, klik Auto eth0, lalu klik Edit.

Lalu hilangkan tanda pada “Connect automatically” => pilih “iPv4 Settings” => Lalu pada Method pilihlah “Manual” => Lalu klik Add, dan isikan IP yang akan digunakan pada Guest-Host, pada IP Address 192.168.0.2 NetMask 255.255.255.0, karena pada Host-OS IP Address 192.168.0.1 maka gateway juga IP tersebut => Lalu klik Apply.

Lalu jika dimintai password seperti dibawah ini, ketikkan saja password yang kalian pakai pada saat awal kalian pilih User. Lalu klik Authenticate. 
 

Setelah semua sudah di setting, maka cek lah jaringan yang telah kalian buat tadi pada “Applications” => Lalu pilih “Accessories” => Dan pilihlah “Terminal”

Ketikkan “ping 192.168.0.1”. IP Address tersebut adalah yang digunakan oleh Host-OS. Bila ada balasan Reply maka Guest-OS (Ubuntu) telah tersambung dengan Host-OS (Windows7).

Lakukan pula pada Host-OS, dengan menggunakan Command Prompt, pada Start => Lalu pada “Search Program and Files” ketikkan “cmd” dan klik ENTER.

Setelah itu ketikkan “ping 192.168.0.2”. IP Address tersebut adalah yang digunakan oleh Guest-OS. Bila ada balasan Reply maka Windows7 telah tersambung dengan Ubuntu.

Oke setelah semua langkah selesai dari langkah 1 sampai langkah 17, maka antara Host-OS (Windows7) dan Guest-OS (Ubuntu) telah tersambung / terkoneksi dengan baik. Oke Sobat, selamat mencoba. Tunggu ya postingan aku selanjutnya.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan